Jumat, 19 Juli 2013

Tabanan Creative Festival #2

Geliat Iklim Kreativitas di Tabanan

Bawa Samar Gantang dan Ari Astina turut mengisi TCF #2
TABANAN memiliki begitu banyak orang kreatif, namun hanya sedikit yang terlihat oleh mata kamera atau terekspos ke publik. Didorong kepedulian akan ini, juga untuk menunjukkan kalau iklim kreativitas di Tabanan kian menggeliat, sejumlah pemuda “kota pelangi” yang bergabung di grup Tabanan Lover menggagas satu acara yang diberi nama Tabanan Creative Festival (TCF).

Tahun ini, TCF yang memasuki tahun kedua dilangsungkan di Taman Kota Tabanan, 20-21 Juli. "Traditional & Modern Art" menjadi tema yang didengungkan kali ini, dengan satu pemikiran bahwa kemajuan perkembangan seni tidak lepas dari tradisi dan perkembangan teknologi yang ada sekarang ini. 

“Banyak orang telah melupakan seni tradisi, di sisi lain ada beberapa masyarakat tidak memperhatikan kemajuan teknologi. Dalam TCF#2 kali ini, seni tradisional dan moderen akan muncul, bahkan beberapa di antara peserta ada yang menggabungkan seni tradisi tersebut dengan seni modern,” jelas Wahya Biantara, salah satu panitia TCF.

Melalui gelaran ini pula diharapkan akan lebih banyak muncul bibit-bibit kreativitas baru, yang telah ada muncul ke permukaan untuk mempresentasikan idenya. Sebut salah satunya musik rindik piano yang aktif dipromosikan oleh seniman bernama Pak Gusti. Bukan hanya memainkan, Pak Gusti juga memainkan alat musik tersebut. Berbekal kemampuannya membuat alat musik dari bambu, kemudian ia mencoba membuat alat musik yang ia beri nama rindik piano.

Selain itu akan tampil pula I Made Ari Astina atau lebih dikenal dengan nama Jerinx, drummer group band Supperman is Dead, yang akan berbagi kisahnya bergelut di dunia kreatif selama puluhan tahu. “Mudah-mudahan dengan kehadirannya berbagi pengalaman akan memberikan semangat kepada teman-temen yang lain untuk tidak pupus dalam mengarungi dunia kreativitas,” tambah Wahya.

Selama dua hari acara akan ditampilkan beragam kreativitas seni budaya termasuk penampilan grup band lokal asal Tabanan seperti Cleopatra, Angka Ganjil, Sound of Mine. Tak ketinggalan permainan Djembe dari Gung Ngah anak dari sastrawan Tabanan Bawa Samar Gantang akan memeriahkan acara bersama asuhannya, Djembe Soul. Melewati akhir pekan kali ini sepertinya akan tetap asyik sambil mengikuti acara Tabanan Creative Festival #2. *adn
Tabanan Creative Festival #1 tahun lalu, Juli 2012
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar